Blog Seputar Penyakit Asam Urat Dan Cara Mengobatinya

Sayuran Untuk Penderita Asam Urat

Bagi anda penderita asam urat tinggi harus pilih makanan terutama sayuran karena jika anda salah makan maka asam urat anda akan naik dan memperburuk kondisi anda.

Penyakit asam urat tejadi akibat terlalu banyak zat purin yang masuk ke dalam tubuh sehingga mengakibatkan kinerja ginjal yang lambat untuk pembuangan zat purin tersebut maka akan terjadi penumpukan zat purin di persendian yang biasanya gejala nya di tandai dengan pembengkakan atau rasa nyeri seperti di tusuk- tusuk jarum, perubahan warna di sekitar yang sakit atau persendian biasanya menjadi kemerah- merahan

Jika anda penderita asam urat sebaiknya lebih menjaga konsumsi makanan dan alangkah lebih baik lagi jika anda mengetahui apa saja sayuran dan makanan lain yang tidak boleh di konsumsi atau pantrangan bagi yang menderita asam urat.

Berikut ini adalah beberapa sayur dan makanan lainnya yang di larang atau pantrang untuk penderita asam urat :

1. Sayur Bayam
Sayuran Untuk Penderita Asam UratSayur bayam yang warna nya hijau, memang sangat baik untuk kesehatan karena mengandung banyak vitamin C, zat besi, beta karoten, luteins, dan flavonoid. Akan tetapi sayur bayam ini tinggi akan zat purin, sekitar 57 gram purin untuk 100 gram bayam. Makanya sayur bayam termasuk sayur yang di larang atau pantrang untuk penderita asam urat. 

2. Jamur
Sama di jamur juga terdapat purin yang tinggi, di dalam 100 gram jamur terdapat zat purin sekitar 92 gram purin. jadi jangan makan jamur ya jika sedang mengalami penyakit asam urat

3. Asparagus
semua pasti sudah tahu kalau asparagus biasanya di jadikan sup, sayur yang satu ini enak di konsumsi dalam keadaan hangat maupun dingin, sayang nya sayur ini selain mengandung folat dan kalium yang tinggi juga mengandung zat purin yang tinggi sehingga tidak di anjurkan untuk di konsumsi oleh mereka yang sedang menderita asam urat

4. kembang kol 
sayuran kembang kol memiliki kandungan zat purin sekitar 51 gram dari 100 gram kembang koldan juga mengandung gas tinggi, sehingga tidak baik untuk di konsumsi oleh penderita asam urat dan pendeita maag karena akan menyebabkan perut kembung dan begah.

Selain sayuran di atas ada beberapa amakanan yang harus di hindari juga oleh penderita asam urat di anatara nya :


1. Jeroan 
    seperti hati , paru, otak, limpa dan sebagai nya

2. makanan Laut 
    seperti cumi-cumi, udang, sotong, tiram , ikan teri, ikan saren dan sebagai nya

3. daging Ayam kalkun, daging angsa dan juga daging bebek

4. ikan air tawar
seperti ikan lele, kepiting, udang dan belut

Dan masih banyak lagi makanan pantrangan lain nya silahkan cek makanan yang mengandung zat purin tinggi yang dapat mengakibatkan kadar asam urat anda menjadi naik.
selain menjaga pantrangan makan, rajin lah cek darah untuk mengetahui kadar asam urat anda.

Mengkonsumsi makanan pantrangan untuk asam urat walaupun sedikit efek nya akan terasa dalam beberapa jam kemudian biasanya efek makanan yang paling cepat terasa adalah kacang-kacangan, penderita asam urat jika makan gado-gado itu kan bumbunya memakai kacang, setelah makan tunggu beberapa jam kemudian tidak  usah menunggu sampai hari besok nya lagi , itu kan terasa persendian akan terasa ngilu, nyeri, kaku jika di gerakan terutama di ibu jari tangan atau jempol tangan. Jika hal itu terjadi anda tidak usah khawatir atau langsung ke dokter tapi anda bisa melakukan pertolongan pertama untuk penderita asam urat, anda bisa mengkompres nya dengan es batu yang sudah di bungkus dengan kain, jangan langsung di kompres tanpa kain karena akan menyebabkan iritasi pada kulit yang di kompres, es batu bis mengurangi rasa ngilu, nyeri dan juga menghilangkan kaku.
" (Baca juga artikel tentang cara menurunkan asam urat tanpa harus minum obat )"

Sayuran Untuk Penderita Asam Urat Rating: 4.5 Post by: Unknown