Blog Seputar Penyakit Asam Urat Dan Cara Mengobatinya

Redakan Nyeri Akibat Asam Urat Dengan Es Batu

Lagi haus minum air teh manis kasih es batu segar nya gak ketulungan, es batu selain sebagai penyegar minuman juga bisa meredakan sakit akibat asam urat. Asam urat biasanya menyerang bagian – bagian persendian misal nya sendi di jempol kaki di lutut atau di jempol tangan.

Biasanya di sertai pembengkakan yang menyebabkan rasa nyeri yang sangat sakit sekali, jika itu di biarkan sangat berbahaya dan dampak  nya akan menyebar kebagian yang lain nya bahkan bisa menyebabkan setruk.

Redakan Nyeri Akibat Asam Urat Dengan Es Batu

Nah dengan es batu anda bisa mengompres bagian yang bengkak tersebut tapi jangan langsung pake es batu nya ya nanti bisa-bisa kulit anda akan iritasi, untuk lebih jelasnya berikut adalah cara kompres asam urat pada kaki yang dapat Anda lakukan:

• Mengompres menggunakan es batu
Redakan Nyeri Akibat Asam Urat Dengan Es BatuIni adalah cara kompres yang umum digunakan dan sudah di yakini dapat dengan efektif meringankan bengkak karena asam urat. Untuk mengompres pada bagian sendi yang bengkak karena peradangan asam urat, Anda bisa menyiapkan kantong plastik putih dan juga es batu. Kemudian isi kantong plastic dengan es batu 2/3 bagian saja, agar saat es batu mencair tidak tumpah. Setelah Anda memasukkan es batu, Anda juga bisa menambahkan sedikit garam di dalamnya. Garam ini bermanfaat untuk menaikkan titik beku es batu agar es tidak mudah mencair. Setelah semua selesai dilakukan, Anda bisa mulai meletakkan pada bagian sendi yang bengkak. Jika Anda merasa terlalu dingin, Anda bisa letakkan handuk kecil untuk melapisi kantong plastik nya.

• Mengompres menggunakan air dingin
Selain menggunakan es batu, Anda juga bisa mengkompres bagian bengkak menggunakan air dingin. Tujuannya juga sama, yaitu untuk mengurangi adanya peradangan pada bagian yang bengkak. Hal ini disebabkan karena suhu rendah pada air dingin bisa merangsang adanya penyempitan pada darah sehingga akan memperlambat aliran darah menuju lokasi sendi yang bengkak. Karena biasanya pada daerah yang bengkak akibat asam urat akan terjadi peradangan dan juga rusak pembuluh darah dan mengakibatkan sel darah keluar dari pembuluh darah tersebut, sehingga menyebabkan bagian sendi yang bengkak akan berwarna kemerahan. Anda juga dianjurkan untuk tidak mengkompres bagian sendi yang bengkak lebih dari 20 menit. Anda bisa mengangkat kompresan setelah 20 menit, lalu berikan jeda 10 menit sebelum kemudian Anda bisa mengkompres lagi.

"Baca juga artikel mengenai bahaya makan jengkol bagi penderita asam urat"

• Mengkompres bagian bengkak dengan kacang polong beku Cara kompres asam urat pada kaki selanjutnya adalah dengan kacang polong beku. Jika saat mengkompres Anda tidak menemukan es batu, Anda dapat menggantinya dengan kantong yang berisikan kacang polong yang sudah dibekukan. Kacang polong yang beku bermanfaat untuk meredakan adanya pembengkakan karena suhunya yang rendah. Saat keadaan beku, letakkanlah kantong yang berisi kacang polong pada handuk, dan lapisi juga dengan handuk. Kemudian letakkan pada bagian sendi kaki yang bengkak.

• Mengkompres menggunakan air hangat
Mengompres menggunakan air hangat biasanya akan dilakukan untuk meredakan adanya nyeri pada bagian sendi yang sudah kronis atau berlangsung cukup lama. Suhu hangat yang digunakan saat mengompres akan membantu untuk melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah dan suplai oksigen nya dapat dengan mudah mencapai bagian tubuh yang terasa sakit. Hal ini dapat membantu Anda untuk nyaman dan semakin mengurangi rasa nyeri akibat pembengkakan. Suhu hangat juga bisa mengurangi rasa kaku yang biasanya menyebabkan bagian sendi yang sakit sulit untuk bergerak. Suhu yang dianjurkan saat akan mengompres juga harus Anda perhatikan karena tidak boleh terlalu panas. Suhunya bisa berkisar antara 40 sampai 50 derajat celcius. Biasakan juga untuk mengompres tidak lebih dari 20 menit.

Mana cara yang lebih baik untuk mengompres bagian bengkak pada asam urat?
Mana yang lebih baik akan tergantung pada kondisi bengkak yang Anda alami. Anda bisa mengkompres air dingin jika pembengkakan baru saja terjadi. Sedangkan pada bengkak yang sudah berlangsung lama dan bagian sendi sudah terasa kaku, ada baiknya Anda mengkompres menggunakan air hangat. Anda juga harus memperhatikan berapa suhu air kompres yang akan Anda gunakan. Sebab jika suhunya terlalu panas malah akan menyebabkan luka pada kulit. Jika Anda juga memiliki gangguan saraf perabaan atau merasa baal dan tidak bisa membedakan panas dingin dan panas sebaiknya Anda menghindari untuk mengkompres bagian yang bengkak. Anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk meminta saran mengatasi pembengkakan tersebut.

Itulah cara kompres asam urat pada kaki yang dapat Anda lakukan. Agar kadar purin dalam tubuh Anda semakin menurun, sebaiknya pengobatan Anda juga diimbangi dengan melakukan diet rendah purin dan menghidari pantangan makanan bagi penderita asam urat.
"Baca juga artikel mengenai pengobatan asam urat dengan buah kersen"

Redakan Nyeri Akibat Asam Urat Dengan Es Batu Rating: 4.5 Post by: Unknown