Blog Seputar Penyakit Asam Urat Dan Cara Mengobatinya

7 Tanaman Herbal Untuk Asam Urat

Asam urat seperti biasanya di kenal di masyarakat sebagai penyakit rematik, padahal itu keliru ya asam urat sama rematik itu beda, asam urat biasanya menyerang di saat usia 30 tahun keatas akan tetapi sekarang ini usia di bawah 30 tahun pun sudah banyak kasus yang terkena penyakit asam urat, banyak faktor penyebab asam urat tentunya, salah satu nya pola makan yang tidak teratur.
penyakit asam urat biasanya menyerang titik - titik persendian, gejalanya seperti ngilu pada sendi, kaku di sekitar persendian, bahkan bisa bengkak.

Beberapa jenis tanaman herbal untuk asam urat diantaranya :

Daun sirsak selain mudah di dapat, daun ini bisa di petik bebas alias tanpa harus mengeluarkan biaya itu jika di pedesaan, nah kalau kota mungkin agak susah ya, tapi sekarang banyak juga yang jualan daun sirsak segar.
cara membuat nya sangat mudah ya, pertama ambil beberapa helai daun sirsak misal nya 5-10 lembar , kemudian rebus dengan takaran air kurang lebih 4 gelas, dan perlu di ketahui masukan daun sirsak di saat air masih dingin, tunggu beberapa saat hingga sisa air rebusan kurang lebih 2 gelas, minum air rebusan daun sirsak tadi selagi hangat dianjurkan pada pagi hari dan sore hari.

2. Jahe
Jahe yang kita tahu bisa di jadikan minuman penghangat tubuh , biasanya di campur gula aren rasanya segar dan hangat di tubuh. Tapi tahukah anda jahe juga bisa meredakan nyeri akibat asam urat, cara pengolahan nya pun mudah parut sedikit jahe atau lembutkan jahe bisa di kasih air sedikit lalu oleskan hasil parutanjahe ke bagian yang nyeri, biasanya dalam hitungan menit rasa nyeri akan berkurang.

bunga rosela mampuh menurukan kadar asam urat, cara nya pisahkan kelopak bunga dan lidah bunga rosela sisa kan bunga nya saja ya, lalu jemur sampai benar- benar kering hal ini di lakukan untuk menghilangkan getah yang terdapat pada bunga rosela tersebut.
Cara pembuatan nya rebus beberapa bunga rosela dengan 4 gelas air tunggu sampai sisa air rebusan menjadi kurang lebih 2 gelas, bila perlu tambahkan gula aren biar rasanya agak manis, lakuakn sehari 2 kali insyaAllah  asam urat anda turun.

4. Seledri
seledri selain untuk menurunkan darah tinggi. Dalam seledri terdapat berbagai macam kandungan yang dapat mengobati penyakit asam urat, zat yang terkandung di dalam seledri diantaranya kalsium, fosfor, zat besi, vitamin a, B1, C, glikosida, apiin, apiol, dan falvonoid. Diantara zat yang ada di dalam seledri, glikosida sangat efektif untuk mengobati masalah persendian dan juga asam urat.
cara nya sangat mudah anda tinggal memakan nya saja langsung daun seledri nya bisa juga di jadikan lalapan

Buah ceri yag matang warna nya merah menyala dan yang masih mentah warna nya hijau dan rasanya kesat. dalam buah ceri ada kandungan yang sangat bagus untuk menurunkan kadar asam uratyaitu anthocyanin yang bisa mengatasi terjadinya peradangan di sendi. Buah ceri juga memiliki senyawa anti oksidan yang mengandung enzim pencegah alam yang berfungsi unutk obat anti inflamasi layaknya anti peradangan dan caranya gampang tinggal konsumsi saja buah ceri setiap hari

Seperti kita ketahui daun salam adalah daun yang  sering di jadikan sebagai bahan bumbu untuk masakan, biasanya masakan yang memakai daun salam bau nya wangi dan menimbulkan rasa lapar, daun salam juga sangat baik untuk menurunkan kadar asam urat, cara nya mudah ambil beberapa helai daun salam lalu rebus dengan air kurang lebih 6 gelas dan tunggu hingga air rebusan menjadi setengah nya atau menjadi 3 gelas , minumlah selagi hangat sehari 2 sampai 3 kali

Daun sambiloto di kenal sebagai daun obat-obatan, di beberapa daerah namanya berbeda- beda misal nya kayu mas, papaitan, kioray, bidara, ki pait, dan ki peurat.cara pengpolahan daun sambiloto rebuslah beberapa helai daun sambiloto dengan segelas air tunggu beberaa saat hingga air nya mendidih. lalu saring dan pisahkan ke gelas lain nya , minum selagi hangat. Lalukan sehari 3 kali sampai kadar asam urat anda turun atau normal kembali.

Itulah beberapa tanaman herbal yang bisa menormalkan kadar asam urat
Selamat mencoba

* jika artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk di share ya,,,

7 Tanaman Herbal Untuk Asam Urat Rating: 4.5 Post by: Unknown