Blog Seputar Penyakit Asam Urat Dan Cara Mengobatinya

Berapa Kadar Asam Urat Normal Dalam Tubuh

Sudahkah anda cek kadar asam urat anda ?

Asam urat merupakan senyawa alami yang di produksi tubuh. Selama kadar asam urat normal, tidak akan menimbulkan masalah pada tubuh Anda. Namun ketika kadarnya turun naik, anda harus waspada. Kadar asam urat yang tak terkendali bisa memicu penyakit ginjal dan penyakit asam urat.
Hal ini terjadi karena kandungan purin melebihi batas normal, sehingga produksi asam urat meningkat untuk menjaga purin di tubuh tetap seimbang. 

Berapa Kadar Asam Urat Normal Dalam TubuhZat purin ditemukan dalam beberapa makanan dan minuman, seperti daging merah, ati sapi dan ayam, ikan makerel, kacang, dan bir.
Berapa kadar asam urat normal dalam tubuh ?

Untuk mengetahui berapa kadar asam urat dalam tubuh Anda, maka perlu dilakukan tes asam urat dalam darah. Sekarang pemeriksaan kadar asam urat dalam darah tidak harus ke labolatorium, sekarang sudah banyak alat-alat digital di apotek-apotek dan anda pun bisa memeriksanya sendiri dan hasil nya cukup akurat dan tidak lama hanya memerlukan waktu 10 menit, tidak seperti di laboratorium untuk menunggu hasil nya kita harus menunngu selama 2 hari.

Inilah nilai acuan kadar noramal asam urat didalam tubuh :


Perempuan: 2.4–6.0 miligram per desiliter (mg/dL)
Laki-laki: 3.4–7.0 mg/dL
Anak-anak: 2.0–5.5 mg/dL

Jika kadar asam urat Anda tinggi, tetapi tidak ada keluhan nyeri, Anda mungkin tidak memerlukan pengobatan. Sebaliknya, jika kadar asam urat normal tetapi mengalami gejala-gejalanya, berarti asam urat sudah mengkristal dan memerlukan pengobatan.

Penyakit asam urat merupakan peradangan pada sendi akibat tingginya kadar asam urat. Umumnya penyakit ini dialami orang-orang lanjut usia. Sebanyak 1 dari 200 orang dewasa mengalami penyakit asam urat dan di antaranya lebih banyak dialami oleh pria.

Konsultasikan kepada dokter jika Anda mengalami gejala penyakit asam urat seperti berikut ini :



  • Nyeri pada persendian yang datang dan pergi.
  • Sulit berjalan.
  • Biasanya nyeri paling terasa pada ibu jari kaki.
  • Sendi yang nyeri terlihat kemerahan.
  • Jika dibiarkan, rasanya nyeri dapat bertahan hingga lebih dari seminggu.
  • Efek lain yang akan terjadi jika kadar asam urat tinggi dan terjadi dalam waktu yang cukup lama biasanya akan merembet  ke ginjal. 

Asam urat yang melonjak tinggi dapat menyebabkan batu kecil di ginjal. Ini kemudian diturunkan ke kandung kemih, di mana dapat menyebabkan rasa sakit hebat yang datang dan pergi. Rasa sakit ini tidak mereda sampai batu ginjal melewati uretra. 

Obat terbaik untuk batu ginjal adalah melakukan pencegahannhya, meliputi:

Minum air putih lebih banyak, sampai air kencing Anda menjadi bersih.
Konsumsilah makanan rendah garam dan protein hewani.
Berhati-hatilah jika mengonsumsi suplemen kalsium, karena ini bisa membuat batu ginjal menjadi lebih parah.

Dokter Anda mungkin akan meresepkan obat asam urat  yang merupakan obat yang membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah. jika ginjal sudah kena batu ginjal yang terbentuk akan semakin besar, tentunya ini akan mengganggu kerja ginjal, bahkan bisa menyebabkan gagal ginjal. Gagal ginjal adalah kondisi di mana ginjal kehilangan kemampuannya untuk menyaring cairan dan sisa-sisa makanan. Saat kondisi ini terjadi, kadar racun dan cairan berbahaya akan terkumpul di dalam tubuh dan dapat berakibat fatal jika tidak diobati.

Ginjal tidak dapat lagi berfungsi sehingga menimbulkan gejala yang menyakitkan, termasuk penumpukan asam urat dalam darah. Pengobatan untuk gagal ginjal bergantung pada makanan apa yang Anda pilih untuk dimakan. Hindari makanan dengan kadar garam dan protein tinggi, karena keduanya membuat ginjal Anda bekerja lebih keras.

Anda juga harus menghindari makanan yang memiliki kadar kalium tinggi, seperti pisang atau kentang. Sebagai gantinya, pilihlah makanan rendah kalium.
Mengendalikan kadar asam urat agar tetap stabil 
Dengan menjaga pola makan dan gaya hidup sehat, mengendalikan kadar asam urat normal bukanlah hal yang sulit.

Pastikan Anda melakukan hal-hal di bawah ini untuk menjaga asam urat tetap terkendali.

Batasi konsumsi daging merah, seafood, hati, ginjal, dan ikan sarden.
Hindari minuman beralkohol seperti bir dan lainnya.
Hindari sayuran yang tinggi purin. Misalnya melinjo, asparagus, dan kacang-kacangan.
Olahraga teratur. Berat badan yang sehat dapat mengurangi risiko asam urat.

Pastikan kadar asam urat anda normal !!!
"Baca juga artikel mengenai 10 bahaya asam urat bagi ibu hamil dan janin"

Berapa Kadar Asam Urat Normal Dalam Tubuh Rating: 4.5 Post by: Unknown