Blog Seputar Penyakit Asam Urat Dan Cara Mengobatinya

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Asam Urat

Bagi penderita asam urat tentunya sangat lah berhati- hati apa saja yang akan di konsumsi atau di makan nya , salah makan bisa berakibat naik nya kadar asam urat dalam darah. lalu bagai mana cara mengetahui makanan apa saja yang baik untuk penderita asam urat? sebelum kesitu mari kita bahas dulu makanan pantrangan bagi penderita asam urat .Secara garis besar makanan yang harus di hindari bagi penderita asam urat diantara nya kacang- kacangan, atau semua makanan yang berbahan dasar  dari kacang misal nya kecap, tempe, tahu, jeroan, hati sapi, bayam,  dan masih banyak yang lain nya.
semua makanan yang mengandung zat purin tinggi maka harus di hindari, tapi jangan khawatir masih banyak makanan yang aman dan baik untk penderita asam urat.

Berikut beberapa makanan yang baik untuk penderita asam urat :

1. Makanan yang mengandung kalium tinggi
Makanan Yang Baik Untuk Penderita Asam Urat
makan lah makanan yang mengandung kalium tinggi karena makanan yang mengandung kalium tinggi selain aman juga bisa membantu mencegah pembentukan kristal asam urat di dalam ginjal, beberapa makanan yang mengandung kalium tinggi diantara nya : pisang, kentang, tomat dan yougurt, makanan tersebut dapat membantu dalam peningkatan pengeluaran asam urat oleh ginjal. karena kalium juga merupakan ion di dalam tubuh yang memegang peran penting untuk menjaga keseimbangan keasaman ( PH ) di dalam darah.

2. Makanan berkarbohidrat kompleks
Konsumsilah makanan yang berkarbohidrat komplek contoh nya gandum atau oats, beras merah, kentang, jagung, labu dan beberapa jenis sayuran juga buah- buahan seperti brokoli, kol, wortel, terong, timun dan lain- lain.pemilihan jenis karbohidrat ini di anjurkan, mengingat konsumsi karbohidrat sederhana seperti madu , berbagai jenis kue, susu, coklat, gula pasir dan gula merah akan meningkatkan fruktosa dimana fruktosa dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.

3. Jeruk nipis
anda pasti tau kan jeruk nipis? jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat dan juga asam askorbat dimana berperan dalam menetralkan asam urat tinggi dalam darah. Buah jeruk nipis banyak di jadikan sebagai bahan baku herbal karena di dalam nya begitu banyak keuntungan positif bagi kesehatan tubuh, salah satu nya yaitu tadi sebagai penetralisir asam urat di dalam tubuh. Jadi jika anda pendeita asam urat bisa juga mengkonsumsi jeruk nipis guna menormalkan kadar asam urat di dalam tubuh anda, sehari di anjur kan 2 gelas air jeruk nipis, bisa juga di jadikan jus.

4. Buah cherry
mengkonsumsi buah cherry juga sangat baik bagi penderita asam urat tinggi karena di dalam buah cherry terdapat anthocyanins yang dapat mengurangi anti nyeri yang di akibatkan oleh penumpukan kristal asam urat juga memiliki efek anti radang.

5. Buah apel
Di dalam buah apel terdapat asam malat yamg dapat menetralkan kadar asam urat di dalam darah. jadi anda sebagai penderita asam urat bisa mengkonsumsi buah apel sebagai penganti makanan , anda dapat mengkonsumsi tiap hari satu buah apel atau anda bisa mengkonsumsi nya dalam bentuk jus atau cairan sari pati apel yang kini sudah banyak di jual di supermarket dalam bentuk cuka apel.

Dari semua makanan di atas anda penderita sam urat di wajibkan mengkonsumsi air putih yang banyak, hal itu dipelukan  untuk membantu memaksimalkan kinerja ginjal dalam mengeluarkan asam urat.

Dan saya sarankan untuk memastikan apa yang anda derita itu benar-benar asam urat, anda harus memeriksa nya terlebih dahulu, bisa dengan pergi ke dokter lalu cek darah dan sebagai nya, bisa juga dengan cara lain, (silahkan anda baca artikel 4 cara terbaik pemeriksaan asam urat.)

Demikian pembahasan mengenai makanan yang baik untuk penderita asam urat, jangan lupa cek kadar asam urat anda tiap bulan, hindari makanan pantrangan penderita asam urat dan juga konsumsi obat atau herbal untuk menurunkan kadar asam urat anda.
"Baca juga artikel Dampak Asam Urat Jika Tidak  Di Obati"

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Asam Urat Rating: 4.5 Post by: Unknown