Blog Seputar Penyakit Asam Urat Dan Cara Mengobatinya

4 Cara Terbaik Pemeriksaan Asam Urat

Hampir semua orang dewasa mengalami pegal – pegal, ngilu, sakit di persendian bahkan terkadang kaku di persendian, kebanyakan adalah gejala asam urat. Jangan biarkan terlalu lama hal itu terjadi karena di biarkan begitu saja akibat nya sangat fatal (akibat asam urat jika tidak di obati ), karena selain akan bertambah parah juga akan mengundang penyakit lain ke dalam tubuh kita misal nya timbul nya penyakit diabetes, darah tinggi, setroke atau kolesterol ( silhkan baca artikel efek asam urat yang mengerikan ).

Banyak orang mengartikan asam urat itu sama dengan rematik, padahl harus di ketahui kalau asam urat itu beda dengan rematik berikut artikel nya perbedaan asam urat dengan rematik.

Penyakit asam urta adalah penyakit yang biasanya di tandai dengan rasa nyeri atau ngilu di persendian, bedanya sama rematik adalah rematik lebih menyerang ke tulang dan asam urat lebih ke persendian, itu semua terjadi di karenakan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung   zat purin , yang akhirnya terjadi penumpukan zat purin dalam darah karena ginjal tidak mampu mebuang semua zat purin melalui urine.

Sedangkan rematik terjadi karena adanya kelainan imun sehingga dapat menyebabkan peradangan, pengeroposan pada tulang. Seperti yang saya jelaskan kalau rematik itu yang di serang tulang nya bukan persendian. Untuk mengetahui apak penyakit yang di derita termasuk penyakit asam urat atau au penyakit rhematik, kita bisa memeriksanya dengan berbagi cara, kali ini kita akan membahas cara mendeteksi penyakit asam urat secara dini, berikut penjelasan nya:

4 Cara Terbaik Pemeriksaan Asam Urat
1. Lakukan pemeriksaan fisik
Jika anda merasakan sakit,nyeri yang berlebihan, bengkak atau kemerah-merahan di sekitar sendi yang sakit, anda sebaiknya segera memeriksakan nya ke dokter terdekat dengan anda. Pastikan sebelum terjadi kondisi yang semakin parah anda sudah mendapatkan penanganan dari medis. Biasanya dokter akan memberikan obat penghilang rasa sakit dan biasanya menyarankan juga tindakan yang harus anda lakukan nanti nya.waspada dampak asam urat jika tidak di obati akan berdampak negative bagi tubuh anda. Dan tentunya akan memperparah kondisi anda.

2. Lakukan pemeriksaan laboratorium atau dengan alat tes digital
Untuk lebih meyakinkan apakah benar yang anda derita tu penyakit asam urat anda harus memeriksakan nya ke laboratorium biasanya dengan pemeriksaan darah atau urine anda. Pemeriksaaan dengan darah sama halnya dengan di laboratorium bisa anda laukan di apotek-apotek yang memeriksa kadar sam urat juga biasanya menggunakan alat digital dan keakuratan nya juga sudah terbukti bahkan puskesmas pun sekarang memakai alat digital. Atau anda juga bisa membeli sendiri alat nya (baca tips membeli alat digital untuk cek asam urat) , itu kan lebih memudahkan anda dalam memeriksa kadar asam urat anda, kapan pun bisa anda lakukan.dan untuk mengetahui kadar asam urat normal nya  silahkan baca artikel nya tentang berapa kadar normal asam urat dalam darah).

3. Lakukan pemeriksaan radiologi
Pemeriksaan yang satu ini sebenar nya tidak di perlukan jika kedua pemeriksaan yang diatas sudah anda lakukan, karena pemeriksaan radiologi di lakukan dengan CT scan, MRI (Magnetik Resonansi Imaging) atau dengan media kontras, dan biasanya pemeriksaan radiologi hanya di lakukan jika penderita mengalami perubahan sendi atau deformatis , yang kemungkina sudah terjadi kerusakan pada struktur sendinya.

4. Lakukan perikasaan enzimatis dan holistic
Pemerikasaan yng ini bisanya di lakukan berurutan akan di lakukan pemeriksaan enzimtis terlebih dahulu setelah itu baru di lakukan pemeriksaan secara holistic. Pemeriksaan enzimatis itu pemeriksaan yang di lakukan dengan menggunakan enzim tertentu, dan di gunakan untuk mengetahui penyakit apa yang ada pada penderita. Biasanya penyakit yang di riwayatkan scara genetic makan akan di sarankan untuk melakukan pemeriksaan secara enzimatis. 

Setelah dilakukan pemeriksaan enzimatis baru akan di lakukan pemeriksaan secara holistic ialah pemeriksaan yang di lakukan secara mendetail dari mulai kapan terjadi nya rasa nyeri yang berlebihan dan seterusnya , setelah itu di lihat juga riwayat kesehatan nya baru lah dokter akan memberikan diagnosis yang  selanjutnya.

Itulah penjelasn tentang 4 cara terbaik memeriksa asam urat, dan anda perlu tahu bahwa jika anda sedang menderita asam urat jangan sekali-kali mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi, konsumsi lah makanan yang dapat menurunkan kadar asam urat. Dan bila perlu anda juga bisa melakukan pertolongan darurat untuk mengobati asam urat sebelum di bawa ke dokter.




4 Cara Terbaik Pemeriksaan Asam Urat Rating: 4.5 Post by: Unknown