Blog Seputar Penyakit Asam Urat Dan Cara Mengobatinya

Benarkah Asam Urat Rendah Memberikan Dampak Buruk Bagi Tubuh?

Kadar asam urat tinggi sangat berdampak buruk bagi tubuh anda itu sudah pasti, tapi jika terbalik ternyata kadar asam urat anda rendah, apakah akan berdampak buruk juga bagi tubuh?

Asam urat merupakan senyawa alami yang diproduksi tubuh. Selama kadar asam urat normal, tidak akan menimbulkan masalah pada tubuh Anda. Namun ketika kadarnya turun naik, Anda harus waspada. Kadar asam urat yang tak terkendali bisa memicu penyakit ginjal dan penyakit asam urat. Adapun penyebab utama terjadi nya asam urat kebanyakan pola makan yang tidak sehat, misal nya terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi, mungkin karena kurang nya pengetahuan tentang makanan yang kita makan.untuk mengetahui makanan apa saja yang mengandung zat purin tinggi anda bisa membaca artikel mengenai makanan yang mengandung zat purin tinggi.

Benarkah Asam Urat Rendah Memberikan Dampak Buruk Bagi Tubuh?Secara umum orang tidak memperdulikan jika kadar asam urat nya rendah. yang jadi perhatian lebih justru ketika kadar asam urat nya tinggi.bagai mana tidak asam urat tinggi di kenal lebih luas sebagai penyebab penyakit asam urat yang bisa membuat persendian terasa nyeri, ngilu, membengkak, atau bahkan sulit untuk digerakkan jika kondisinya sudah sangat parah

Beberapa Pakar kesehatan menyebutkan bahwa asam urat rendah biasanya tidak akan menimbulkan gejala atau keluhan yang signifikan. Hanya saja, kondisi ini termasuk tidak normal dan tentu tidak dapat disepelekan.

Asam urat rendah sendiri bisa dijabarkan sebagai kondisi kadar urat dalam tubuh di bawah normal. Sebagai informasi, orang dewasa pria normalnya akan memiliki kadar asam urat sekitar 6,8 mg/dl darah. Sementara itu, untuk orang dewasa wanita normalnya akan memiliki kadar asam urat sekitar 6 mg/dl darah.

Penyebab dari kadar asam urat yang di bawah kadar normal tersebut juga cukup beragam :

  1. Bisa karena pola diet harian yang cenderung jarang mengkonsumsi makanan yang kaya akan purin
  2. Mengkonsumsi obat penurun kadar asam urat
  3. Kondisi hipertiriodisme defisiensi mineral
  4. Keracunan tembaga
  5. Hingga karena faktor genetik.

Hanya saja, penyebab paling sering dari kasus asam urat rendah ini sebenarnya adalah idiopatik atau yang disebabkan tanpa alasan yang jelas.Untuk mengetahui penyebabnya, kita bisa melakukan tes darah, tes air seni, dan lain sebagainya.

Jika anda ingin mengembalikan kadar asam urat menjadi normal, ada baiknya segera memperbanyak asupan makanan yang kaya akan purin seperti makanan laut, telur, daging, dan berbagai macam sayuran hijau.

Hanya saja, jika penyebab kadar asam urat ini adalah karena beberapa kondisi tertentu seperti hipertiroidisme, ada baiknya anda berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu tentang hal ini agar bisa mendapatkan saran terbaik untuk mengatasinya.

kadar asan urat yang normal dalam panduan kedokteran untuk perempuan maksimal 6.0 mg//dl dan untuk pria maksimal nya 7.0 mg/dl. Usahakan kadar asam urat anda di bawah batas maksimal, hal ini untuk menghindari terjadi nya penyakit asam urat, dan jika anda sedang menderita asam urat saya sarankan mengkonsumsi makanan yang dapat menurukan kadar asam urat ( silahkan baca artikel nya di beberapa makanan yang dapat menurunkan kadar asam urat). Dan jika setelah mengkonsumsi makanan penurun asam urat tetapi tidak ada perubahan segeralah anda menemui dokter terdekat, konsultasikan keluhan anda dan minta lah saran atau obat dari dokter tersebut.

Sebenarnya banyak tanaman atau herbal yang dapat di jadikan obat untuk menurun kan kadar asam urat, berikut beberapa tanaman yang bisa menurunkan kadar asam urat:




Benarkah Asam Urat Rendah Memberikan Dampak Buruk Bagi Tubuh? Rating: 4.5 Post by: Unknown