Blog Seputar Penyakit Asam Urat Dan Cara Mengobatinya

Nyeri Lutut? Hati-Hati Jangan Salah Minum Obat

Tanpa kita sadari banyak yang salah kafrah dalam artian banyak diantara kita yang nyeri lutut bilang nya asam urat kalau engga osteoporosis ( pengeroposan tulang ). Perlu anda ketahui bahwa penyakit asam urat tidak bisa di tebak begitu saja walaupun nyeri lutut salah satu ciri-ciri gejala sakit asam urat. Dan ternyata beberapa penelitian tentang nyeri lutut itu sebenarnya didominasi oleh penyakit osteoartitis atau pengapuran sendi.

Kesalah kaprahan yang sering kita temui nyeri lutut seringkali di anggap asam urat 
Nyeri pinggang juga seringkali dikira sakit ginjal padahal paling sering ternyata osteoartritis
Dengan perkiraan yang tidak benar mengakibatkan pengobatan yang tidak akurat harus nya minum obat osteoarthritis ini malah minum obat asam urat dan tentunya ini sangat berbahaya jika di konsumsi dalam jangka panjang biasanya akan mengakibatkan kerusakan organ lain di tubuh.

Nyeri Lutut? Hati-Hati Jangan Salah Minum Obat
Nyeri lutut juga bisa di akibatkan peradangan pada sendi (osteartritis )bisa juga osteoporosis ( pengeroposan tulang.

berikut pengetian OA ( osteartritis ) adalah peradangan pada sendi yang disebakan karena proses penuaan yang menyebabkan kerusakan rawan sendi. Sendi yang terkena adalah sendi yang biasanya sering digerakan dan sering mendapatkan beban seperti pergelangan tangan, siku, pinggang, lutut dan engkel pada tumit.

OA terjadi akibat berkurangnya cairan sinovial pada sendi, peningkatan enzim penghancur matrix rawan sendi, penurunan pembentukan proteoglikan,mulai pecahnya atau ausnya rawan sendi yang membungkus ujung tulang, terjadinya osteofit (Pengapuran sendi)

Sedangkan Osteoporosis adalah pengeroposan tulang dimana jumlah jaringan tulang telah berkurang dan ada risiko yang besar untuk terjadi patah tulang

Gejala osteoartritis
Kaku dan nyeri sendi di beberapa sendi yang terkena,
Hambatan Gerakan sendi,
Sendi secara perlahan membesar (deformitas),
Gemeretak (krepitasi)

Sedangkan asam urat sendiri atau Artritis Gout (Radang Sendi Asam Urat) adalah peradangan sendi akut yang disebabkan oleh pengendapan kristal asam urat dalam rongga sendi.


Gejala klasik asam urat ialah serangan akut berulang yang sangat nyeri pada jempol kaki, beberapa sendi lainnya. Asam urat akut sering berulang dan berhubungan dengan peningkatan kadar asam urat dalam darah (hiperurisemia).

Asam urat berasal dari purin yang ada dalam inti sel yaitu asam nukleat baik yang berasal dari tubuh manusia sendiri (penderita leukimia memiliki kadar asam urat yang tinggi) maupun dari makanan seperti daging merah, jeroan , seafood. Kadar normal kandungan asam urat pada manusia adalah 4-7 mg/dl. Asam urat yang terbentuk dalam tubuh kebanyakan akan dibuang via penapisan urin.

Penyebab Peningkatan Asam Urat dalam Tubuh
1. Produksi Asam Urat Berlebihan, yang disebabkan karena faktor genetik (mutasi enzim HGRT), penderita leukimia, asupan tinggi purin, obesitas dan hipertiglideridemia, konsumsi alkohol, konsumsi fruktose.

2. Ekskresi/Pengeluaran Asam Urat Berkurang, yang disebabkan karena faktor genetik (penurunan ekskreasi fraksional urate), penyakit ginjal kronik, obat-obatan dierutik tiazid salisilat pirazinamid,obesitas dan kurangnya produksi urin.

konsumsi daging merah, jeroan, alkohol dan seafood meningkatkan kejadian artritis gout, sedangkan sayuran yang kaya purin san susu tidak menyebabkan peningkatan terjadinya artritis gout. Hal ini didasarkan dari hasil penelitiannya selama + 15 tahun ke 4000 orang. Artritis Gout berulang akan menyebabkan artritis akut diberbagai sendi. Artitis Gout selama 10 tahun akan menyebabkan terjadinya pengendapan kristal asam urat dalam sendi yang disebut tofus dan batu ginjal. Jumlah tofus berhubungan dengan berat dan lamanya artritis dan kadar asam urat. Tofus ringan bila kadar asam urat 10-11 mg/dl, berat jika > 11 mg/dl

Hiperurisemia (Peningkatan kadar asam urat)
-Diturunkan dengan diet rendah purin, menghindari makanan daging merah, jeroan, alkohol dan seafood
-Diobati dengan pemberian Obat Allopurinol yang dapat menghambat terbentuknya asam urat dan Obat Probenesid yang dapat merangsang pengeluaran asam urat melalui urin

Artritis Gout Akut
-Sendi yang meradang diistirahatkan
-Diberikan obat anti inflamasi non steroid ( OAINS), Kortekosteroid dan Kolkisin
-Setelah peradangan tenang, diberikan obat penurun asam urat (Allopurinol dan Probenesid). Lama pemberian obat ini adalah 1 tahun setelah konsentrasi asam urat normal.


Untuk meyakinkan bahwa itu penyakit asam urat perlu di lakukan pengecekan darah yang bisa di lakukan di labolatorium atau di apotek-apotek dengan alat digital yang sekarang sudah banyak beredar di masyarakat luas. Setelah melihat hasil nya apakah asam urat anda normal atau tidak ada patokan nilai normal untuk asam urat, jika positif asam urat atau asam urat tinggi ada banyak obat untuk menurunkan nya misal nya allopurinol ada yang 100mg ada juga yang 300mg.itu tergantung seberapa besar kadar asam urat anda.Anda juga bisa mencoba obat alami untuk asam urat banyak macam nya mulai dari daun salam, daun sirsak, jahe dan lain-lain.


Nyeri Lutut? Hati-Hati Jangan Salah Minum Obat Rating: 4.5 Post by: Unknown