Blog Seputar Penyakit Asam Urat Dan Cara Mengobatinya

Cara Mudah Mengobati Asam Urat Dengan Daun Sambiloto

Tumbuhan yang satu ini memang banyak sekali manfaat nya salah satu nya untuk menormalkan kadar asam urat dalam darah, tumbuhan sambiloto di duga berasal dari Asia tropika yang seiring waktu berjalan menyebar sampai ke selatan hingga semenajung Malaya. Pada umum nya tumbuhan sambiloto tumbuh dengan baik sampai ketinggian kurang lebih mencapai 90 cm.

Tumbuhan ini juga mudah sekali di tanam dan tidak memakan tempat bisa di tanam di pekarangan rumah  atau di kebun , lumayan jika anda menderita asam urat tidak usah ke dokter dulu coba saja obati dengan daun sambiloto, cara juga mudah dan yang penting gratis ya karena menanam sendiri.

Cara Mudah Mengobati Asam Urat Dengan Daun SambilotoAdapun kandungan yang terdapat dalam daun sambiloto terdiri dari beberapa senyawa flavonoid, alkane, keton, aldehid, dan juga beberapa mineral seperti kalsium dan natrium. 

Walapun rasa nya cukup pahit tetapi setelah beberapa kali minum rasa pahit nya mulai berkurang mungkin efek sudah terbiasa .Daun sambiloto juga mampu mengurangi rasa nyeri ( analgetik ), mengobati radang dan sebagai penawar racun.

Daun sambiloto sangat baik untuk menormal kan kadar asam urat dalam darah, mengobati pembengkakan akibat asam urat, juga mengurangi rasa nyeri di persendian akibat asam urat.
Berikut cara pengolahan daun sambiloto untuk pengobatan asam urat :

Biar lebih manjur daun sambiloto harus di campur dengan bahan lain nya, bahan –bahan nya sebagai berikut  :


  1. 10 gram daun sambiloto kering
  2. 10 gram rimpang temulawak
  3. 10 gram daun komfrey
  4. Dan lada secukup nya


Cara membuat nya Pertama – tama bersihkan semua bahan menggunakan air yang mengalir .satukan semua bahan dan rebus dengan air 6 gelas tunggu hingga air rebusan berkurang hingga setengah nya atau kurang lebih 3 gelas, saring dan pisahkan ke wadah yang lain tunggu hingga air nya hangat, air hasil rebusan bisa di minum secara teratur sehari 3 x 1 gelas jadi minum di pagi hari, siang dan sore/ malam hari. Sampai asam urat nya sembuh.dan jangan berlebihan ya, mentang- mentang mau cepat sembuh terus minum nya banyak banget ini tidak baik bagi tubuh anda.

Selama pengobatan perbanyak minum air putih minimal sehari 8 gelas , karena sebenarnya penyakit asam urat itu terjadi kaibat anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin sehingga purin masuk ketubuh secara berlebihan dan ginjal anda tindak mampu mengeluarkan nya lewat urine yang mengakibatkan penumpukan zat purin di persendian, makan jadilah asam urat biasanya gejala asam urat di tandai dengan rasa sakit di persendian , kaku, ngilu dan bisa terjadi pembengkakan di area sendi misal nya di di sendi jempol kaki, di sendi lutut atau di sendi jempol  tangan.

Hindari makanan yang menyebabkan asam urat tinggi, konsumsi tanaman herbal yang dapat menurunkan asam urat, olahraga teratur dan istirahat yang cukup.

Jika anda punya lahan di depan rumah atau di pekarangan rumah anda bisa menanami nya dengan tumbuhan sambiloto, penanaman nya sangat mudah tinggal rajin saya menyirami nya jika musim kemarau, jadi jika anda membutuhkan nya anda gak harus cari jauh- jauh tinggal petik saja di pekarangan rumah anda.

itulah pembahasan tentang cara mudah mengobati asam urat dengan daun sambiloto, selamat mencoba dan jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan anda share, semoga berhasil 









Cara Mudah Mengobati Asam Urat Dengan Daun Sambiloto Rating: 4.5 Post by: Unknown